Intro Manajemen Rumah Sakit

Rumah sakit merupakan suatu organisasi unik yang kompleks, padat modal, terdiri dari bermacam-macam profesi didalamnya, yang mana menyediakan pelayanan kesehatan, baik dasar maupun tingkat lanjutan. Disebut kompleks karena dalam menjalankan fungsinya sebagai pelayanan kesehatan, rumah sakit tidak hanya membutuhkan unit pelayanan saja seperti unit rawat inap atau rawat jalan, tapi juga unit lain untuk menunjang tugas pelayanan.

Unit – unit lain tersebut mulai dari unit penunjang yang berhubungan dengan medis (penunjang medis) seperti instalasi farmasi, laboratorium, dan radiologi, sampai dengan penunjang non-medis seperti administrasi, pemeliharaan, rekam medik, sampai dengan laundry. Padat modal merupakan karakteristik dari rumah sakit karena untuk mengoperasionalkan organisasi ini dibutuhkan modal yang tidak sedikit, mulai dari bangunan, sampai dengan peralatan medis yang sederhana maupun yang berteknologi tinggi.

Di dalam rumah sakit juga terdapat berbagai profesi yang berbeda-beda. Tidak hanya dokter, perawat, atau tenaga medis lain, tapi juga tenaga kesehatan masyarakat seperti administrator kesehatan, perekam medis, teknisi medis. Bahkan profesi yang tidak berasal dari bacground kesehatan juga ada di rumah sakit, termasuk ahli IT sampai dengan satpam. Masing-masing profesi tersebut saling bekerja bersama untuk menyediakan pelayanan kesehatan bagi pasien, oleh karena itu dalam rumah sakit rawan terjadi konflik antar profesi.

Jika dilihat dari sedikit uraian diatas, maka dianggap sangat perlu untuk menerapkan manajemen yang baik dalam organisasi yang kompleks seperti rumah sakit, baik manajemen dalam ha keuangan, sumber daya manusia, mutu pelayanan, informasi, pembiayaan, pemasaran, dan lain sebagainya. Namun manajemen yang diterapkan adalah manajemen yang menggunakan pendekatan kesehatan, tidak hanya mengedepankan kepentingan rumah sakit dan pemilik, namun juga kepentingan masyarakat sebagai pengguna jasa rumah sakit sebagai fungsi sosial. Oleh karena itu diperlukan manajemen yang tersistem dengan baik, mengedepankan tahapan-tahapan manajemen dari perencanaan, sampai dengan evaluasi, untuk menghasilkan pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien dalam menggunakan sumberdaya yang ada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: